Mengurangi Perilaku “Cari Perhatian”


Anak-anak butuh perhatian dan persetujuan. Ini wajar. Namun, kebutuhan itu dapat menjadi masalah. Mencari perhatian dapat menjadi masalah kalau itu terjadi sepanjang waktu. Terkadang anak yang mencari perhatian untuk mendapatkan simpati Anda malah membuahkan tragedi. Usaha cari perhatian yang keterlaluan akan menimbulkan suatu situasi di mana anak-anak akan menguasai kehidupan Anda.
Banyak anak bertingkah nakal untuk mendapatkan perhatian. Ini dapat menjadi awal bagi masalah-masalah disiplin di masa anak-anak serta masa remaja nanti. Tujuan Anda bukanlah menghilangkan kebutuhan anak Anda untuk mendapatkan perhatian dan persetujuan. Kalau ditangani dengan betul, kebutuhan anak Anda untuk mendapatkan perhatian dapat menjadi sebuah alat yang bermanfaat untuk memperbaiki perilaku anak Anda. Jangan menghilangkan kebutuhan anak akan perhatian, hilangkan tingkahlaku mencari perhatian yang berlebihan atau tidak dapat diterima. 



Seberapa Banyak Perhatian Yang Berlebihan Itu?
Itu bergantung pada Anda. Kaidahnya adalah bahwa anak-anak akan mencari sebanyak mungkin perhatian yang Anda berikan pada mereka. Anda harus mencari suatu keseimbangan antara seberapa banyak perhatian yang dikehendaki oleh anak-anak Anda dan seberapa banyak perhatian yang Anda berikan. Jangan biarkan kebutuhan perhatian anak-anak Anda berubah menjadi tuntutan-tuntutan akan perhatian. Bila anak-anak tidak memperoleh cukup perhatian, mereka kemudian akan menggunakan amarah mereka serta melakukan tindakan-tindakan lain yang mengganggu.

Tiga Macam Perhatian
Persetujuan dan perhatian orang dewasa termasuk di antara imbalan-imbalan yang paling kuat bagi anak-anak. Ada tiga jenis perhatian yaitu, perhatian positif, perhatian negatif dan tiadanya perhatian. 
Kalau Anda memberi perhatian dan persetujuan kepada anak-anak Anda karena berperilaku sopan, mereka akan mendapatkan perhatian positif. Perhatian positif dapat berupa kata-kata pujian atau dorongan, keakraban.
Ketika Anda memberi perhatian kepada anak Anda karena kenakalannya, Anda akan memberikan perhatian negatif. Lazimnya dimulai ketika Anda menjadi marah. Anda mengikuti dengan ancaman-ancaman dan interogasi. Perhatian negatif merupakan suatu hadiah. Perhatian negatif tidak menghukum perbuatan nakal. Perhatian negatif meningkatkan kenakalan.
Jangan menganggap kelakuan baik memang sudah semestinya dilakukan. Biasanya kita bersikap seperti ini terhadap para remaja. Kita menganggap memang sudah semestinya mereka berperilaku baik. Kita tidak menghargai usaha-usaha mereka. Setiap orang dapat memergoki anak-anak yang sedang berperilaku negatif.

Bagaimana Mengabaikan
Karena perhatian itu bersifat imbalan bagi anak-anak, maka tidak memberi perhatian dapat menjadi suatu hukuman yang ampuh. Abaikanlah permintaan-permintaan anak Anda yang tidak wajar untuk mendapatkan perhatian. Anda akan memperlemah tuntutan-tuntutan itu. Sejumlah orangtua merasa sulit memercayai ini. Sejumlah orangtua menganggap bahwa seorang anak bertindak keliru, anak itu harus dihukum. Mengabaikan tuntutan anak untuk mendapatkan perhatian merupakan obat yang terbaik. Ketika Anda mengabaikannya secara konsisten, Anda akan mengajar anak Anda bahwa kenakalan-kenakalan ini tidak akan mendapatkan perhatian. Ajarilah anak-anak cara-cara yang tepat untuk mendapatkan perhatian.

Kapan Harus Mengabaikan
Pengabaian bukan berarti mengabaikan masalah. Pengabaian berarti mengabaikan tuntutan-tuntutan untuk mendapatkan perhatian negatif. Ada banyak perilaku salah yang harus Anda abaikan. Sejumlah perilaku salah harus dihukum. Menentukan kapan kita dapat mengabaikan atau kapan harus menghukum tidaklah gampang. Tidak ada aturan-aturan yang pasti. Diperlukan pemilihan waktu dan perkembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar